5 Makanan Khas Makassar Yang Bisa Kamu Coba

Apakah kamu mulai bosan dengan makanan yang begitu-begitu saja? Kamu ingin rasa baru yang belum pernah kamu coba?

Mungkin jawabannyna adalah kamu bisa mencicipi makanan khas Makassar. Makassar tidak hanya kaya dalam budaya namun juga dalam segi kuliner Makassar memiliki cukup banyak kuliner.

Bahkan beberapa makanan khas Makassar sudah ada yang terkenal hingga se Indonesia, penasaran? Yuk simak ulasan ini.

1.Jalangkote

Beberapa dari kamu mungkin masih terasa asing dengan nama Jalangkote ini. Namun, apabila kamu melihat bentuk dari makanan ini kamu mungkin akan sadar bahwa makanan yang ini mirip dengan pastel.

Tetapi, terdapat perbedaan antara Jalangkote dengan pastel biasa, perbedaan tersebut ada pada kulit pastel yang lebih tebal apabila dibandingkan dengan Jalangkote.

Untuk isiannya tergolong unik, karena tidak ada pastel yang menggunakan isian seperti wortel, kentang, tauge, dan juga laksa yang sudah bercampur dengan bawang merah, bawang putih dan bumbu rempah yang kaya akan rasa.

Umumnya Jalangkote dihargai 10 ribu rupiah di Makassar, cocok untuk kamu yang ingin eksplor rasa baru mirip dengan pastel ini.

2.Konro

Jika mendengar Konro mungkin kamu sudah tidak asing lagi karena memang Konro sudah dijual di banyak tempat di seluruh Indonesia.

Tapi, tahukah kamu bahwa Konro berasal dari kota Makasar? Konro adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar tulang iga sapi.

Dengan kuah yang berwarna coklat sedikit hitam ini akan dimakan bersamaan dengan ketupat yang sudah dipotong.

Kuah tersebut akan memberikan rasa rempah yang sangat kuat, karena memang membutuhkan berbagai macam rempah untuk membuat Konro yang enak.

3.Coto Makassar

Jangan salah sangka, nyatannya coto dan soto adalah dua makanan yang berbeda walaupun keduanya sedikit mirip.

Bedanya dengan soto yang biasa adalah coto menggunakan bahan-bahan sapi lebih banyak seperti daging sapi yang sudah dimasak hingga empuk, terdapat juga jeroan seperti paru, usus, jantung, hati , dan babat.

Untuk kuahnya dibuat dari rempah-rempah dan juga kacang tanah goreng yang digiling hingga halus dan memasaknya cukup unik yaitu menggunakan Korong butta.

Diperlukan setidaknya 40 rempah untuk membuat coto Makassar terasa sangat persis seperti di daerah asalnya.

Rempah-rempah tersebut tidak hanya digunakan sebagai perasa agar unik, melainkan untuk menetralkan kadar kolestrol yang ada pada isian seperti daging dan jeroan.

Harganya juga tergolong murah, untuk satu porsi umumnya di Makassar dihargai 20 ribu.

4.Pisang Epe

Pisang adalah salah satu buah yang memang sering dijadikan sebagai kreasi makanan ataupun minuman.

Di Makassar, buah ini dijadikan sebagai pisang panggang dengan sebutan Pisang Epe, pisang dikupas dan dipanggang dengan bara api hingga setengah matang.

Kemudian pisang yang setengah matang, masukan ke dalam balok dan ditekan hingga pipih kemudian pisang tersebut akan dipanggang lagi.

Proses pemanggangan dua kali tersebut akan menghasilkan rasa yang renynah dan juga pisang tersebut akan disiram dengan gula merah.

5.Pallu Mara

Makanan khas Makassar selanjutnya adalah Pallumara yang sangat jarang terdengar di khalayak umum.

Secara umum sesuai dengan artinya yaitu pallu adalah masak dan mara bearti kental, masakan yang satu ini dimasak dengan ikan dan juga kuah yang kental.

Bahan yang digunakan ada asam jawa, sereh, kunyi, bawang merah dan putih, garam sehingga menciptaka rasa yang unnik.

Untuk bahan ikan biasanya digunakan ikan tuna, kakap, toongkol, ataupunn ikan lainnya. Proses memasak yang agak lama ini yang membuat kuahnya menjadi kental.

Nah. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencicipi beberapa makanan khas Makassar yang direkomendasikan ini?

Artikel yang Direkomendasikan