Rekomendasi 4 Kuliner Hits di Palembang, Apa Saja?

Palembang yang ada di Sumatera Selatan memang sangat populer bukan Cuma dari pempek nya saja karena ada banyak sekali makanan yang wajib kalian coba. Kuliner local khas Palembang selain punya cita rasa yang lezat dan Indonesia banget, juga punya nama yang unik.

Kota paling tua di Indonesia dengan umur 1382 tahun ini memang tak pernah sepi dengan wisatawan. Banyak dari mereka yang ketagihan datang hanya karena makanan khas Palembangnya yang enak. Nah, untuk kalian yang bakal pergi ke Palembang, yuk cobain kuliner berikut ini.

1.Godo – Godo

Makanan khas Palembang yang populer serta mirip dengan pempek ini sangat wajib kalian coba. Dari namanya, jangan sampai kalian terkecoh dan mengira ini merupakan gado – gado ya. Godo – godo sendiri di buat dengan adonan yang mirip pempek tetapi memakai udang sebagai bahan dasarnya.

Makanan khas Palembang yang sangat populer ini biasanya di makan bersama dengan kuah pempek yang terbuat dari gula merah dan cuka. Biasanya godo – godo di temukan pada pedagang gorengan keliling di pinggiran jalan kota Palembang. Godo – godo juga biasanya di temukan di pasar Cinde.

2.Pempek Hitam

Kalau biasanya pempek memiliki warna cokelat keemasan setelah di goreng, makanan khas yang satu ini jutsru memiliki warna hitam. Warna hitam ini muncul bukan karena hangus ya. Melainkan dari pewarna alami berbahan dasar tinta cumi atau black charcoal dari bubuk arang yang di hasilkan dari pohon bamboo.

Pewarna itu juga sama sekali tidak mengubah cita rasa dari pempek ini. Rasa makanan khas Palembang yang populer ini juga tetap memikat dan tetap nikmat. Jika sedang berlibur ke Palembang dan mau mencoba pempek hitam ini, kalian bisa datang ke Kedai Pempek Sulthan di Jalan Pangeran Ratu. Harganya untuk yang kecil di hargai mulai dari 5 ribuan saja.

3.Kue Maksuba

Ada 2 kue unik khas Palembang yang di buat dengan banyak campuran telur bebek, salah satunya kue maksuba. Makanan khas Palembang yang sangat populer ini di buat berlapis – lapis. Untuk satu adonan kue maksuba saja butuh hampir 30 butir telur bebek.

Namun, tak perlu takut bau amis karena proses memasaknya cukup lama dan di tambah lagi dengan aroma wangi mentega yang menyamarkan amis dari telur tersebut. Makanan khas Palembang yang populer ini biasanya secara khusus di sajikan untuk momen tertentu atau tamu kehormatan.

Kata maksuba sendiri di ambil dari bahasa daerah asli yang mempunyai makna penyampaian rasa hormat.

4.Salai Ikan

Jika selama ini kita lebih akrab dengan sale pisang, maka di Palembang ada sale unik yang juga terbuat dari ikan. Makanan khas Palembang yang populer satu ini juga punya cita rasa yang tak manis melainkan gurih dengan aroma khas ikan asap.

Makanan yang populer di Palembang ini terbuat dari ikan patin, gabus, maupun lais yang di awetkan lewat proses pengasapan. Namun, makanan ini tak bisa langsung di makan karena kalian harus memasaknya dengan cara di goreng biasa atau di bumbui sesuai selera. Jangan sampai kalian tak mencoba kuliner unik yang satu ini ya.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Palembang yang paling unik dan di sukai di Palembang serta di sukai oleh para wisatawan. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan