7  kuliner khas bali yang sangat enak

Pulau bali adalah destinasi yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, Pesona lautnya yang indah membuat bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal maupun luar negeri, tidak Cuma tempat wisata yang ramai tetapi banyak kuliner yang khas dan juga lezat loh, salah satu makanan khas dari bali adalah ayam betutu, dan masih banyak yang harus kalian coba nih guys! Berikut 5 makanan khas bali yang harus kalian coba!

Ayam betutu

Makanan bali satu ini merupakan hidoangan ayam dan bebek yang dimasak dengan utuh termasuk dalam isi perutnya dengan bumbu rempah dan ayam yang sudah dibumbui dengan dibungkus daun pinang lalu dipanggang, proses memanggannyapun menggunakan bara api yang sangat panas dan bisa memakan waktu hingga 1 malam. Rasa gurih dan rasa pedas yang ditawarkan ayam betutu ini menjadi ciri khas dahulu kala untuk upacara keagamaan namun seiring berjalannya waktu makanan ini bisa dihidangkan kapan saja.

Babi guling

Walaupun makanan ini tidaklah halal bagi umat muslim tetapi makanan ini sangatlkah dicintai oleh wisatawan lokal maupun mancanegaram karena dagingnya yang empuk dan rasanya yang kaya dengan bumbu khas bali makanan ini menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba.

Nasi Campur bali

Hidangan ini adalah nasi yang dilengkapi dengan banyak lauk untuk perlengkap dimana aneka lauknya berbumbu khas bali, ada juga yang dicampur dengan sayuran hingga daging danging yang menjadi ciri khas bumbu bali, ditambah dengan sambal matah.

Nasi Jinggo

Sajian ini berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang yang konon katanya makanan ini muncul pada saat krisis moneter tahun 1997 dan pada saat itu makanan ini dijual dengan sangat murah dan uniknya makanan ini berasal dari Bahasa hokien yaitu jeng go. 

Sate plecing

Siapa sih yang gatau dengan sate plecing, sate uini dilengkapi dengan rasa yang pedas, gurih dan asam membuat sate ini digemari oleh para wisatawan. Sate plecing biasanya merupakan hidangan untuk Singaraja, biasa disajikan pada acara keluarga, hidangans atu ini bisa jadi salah satu nih pilihan menu saat mencoba makanan khas bali.

Bebek timbungan

Bebek timbungan dimasak dengan sangat unik dan cukup lama sekitar 12 jam dibalut dengan bumbu rempah pilihan. Diungkep dengan rempah selama 4 jam dan dikukus selama 8 jam. Durasi memasak yang lama membuat tekstur bebek menjadi empuk dan bumbu yang dimasak menjadi meresap kedalam daging, bebek ini dimasak dengan api yang sangat kecil.

Serombotan

Serombotan bisa dibilang merupakan hidangan yang berbahan sayuran dan bedanya sayuran dan serombotan terdiri dari bayam kangkong dan kacangpanjang, bincis dan terong, memakai bumbu khas bali yaitu lengkuas, kencur, dan bumbu pedas, Serombotan biasanya disantap dengan nasi dan tipat.

Nah guys gimana nih pendapat kalian? Pasti pada pengen mencobanya kan? Yang pasti ga akan nyesel deh untuk mencoba makanan makanan kuliner khas balim karena banyaknya makanan yang tidak monoton dan rasa yang tidak mengecewakan membuat warga lokal dan warga mancanegara untuk menikmati hidangan khas bali, maka dari itu kapan nih kalian mencobanya? Semoga kalian puas ya dengan rekomendasi kami! See You guys.

Artikel yang Direkomendasikan